Berita di India 2021: Rekomendasi Tiga Hakim Wanita
Wikileaks4india

Berita di India 2021: Rekomendasi Tiga Hakim Wanita

Berita di India 2021: Rekomendasi Tiga Hakim Wanita – Kolegium Mahkamah Agung telah merekomendasikan untuk mengangkat tiga hakim wanita ke pengadilan tertinggi, termasuk Hakim B V Nagarathna yang akan menjadi Ketua Mahkamah Agung India (CJI) wanita pertama pada September 2027 jika dia mendapat anggukan.

Pertama-tama, Collegium Mahkamah Agung telah merekomendasikan untuk mengangkat tiga hakim wanita ke pengadilan tertinggi, termasuk Hakim B V Nagarathna yang akan menjadi Ketua Mahkamah Agung India (CJI) wanita pertama pada September 2027 jika dia mendapat anggukan.

Berita di India 2021: Rekomendasi Tiga Hakim Wanita

Kollegium yang diketuai oleh Ketua Mahkamah Agung NV Ramana telah merekomendasikan sembilan nama untuk diangkat sebagai hakim di pengadilan puncak.

Pengadilan tertinggi, yang dibentuk pada 26 Januari 1950, telah melihat sangat sedikit hakim perempuan sejak awal dan dalam lebih dari 71 tahun terakhir hanya mengangkat delapan hakim perempuan mulai dari M Fathima Beevi pada tahun 1989.

Saat ini, Hakim Indira Banerjee adalah satu-satunya hakim wanita yang menjabat di pengadilan tertinggi setelah pengangkatannya pada 7 Agustus 2018 dari Pengadilan Tinggi Madras di mana ia menjabat sebagai Ketua Mahkamah Agung.

Selain Hakim Nagarathna, hakim ketiga paling senior di Pengadilan Tinggi Karnataka, hakim perempuan lainnya yang namanya telah direkomendasikan adalah Hakim Hima Kohli, Ketua Pengadilan Tinggi Telangana, dan Hakim Bela M Trivedi, hakim paling senior kelima. dari Pengadilan Tinggi Gujarat.

Enam nama lain — lima hakim dan seorang advokat — telah direkomendasikan oleh kolegium beranggotakan lima orang yang dipimpin oleh CJI NV Ramana.

Anggota kolegium lainnya adalah hakim U U Lalit, A M Khanwilkar, D Y Chandrachud dan L Nageswara Rao.

Justice Nagarathna, lahir pada 30 Oktober 1962, adalah putri dari mantan CJI ES Venkataramiah.

Dia mendaftar sebagai advokat pada 28 Oktober 1987 di Bangalore dan berpraktik di bidang yang berkaitan dengan “konstitusi, perdagangan, asuransi dan layanan, dll”.

Ia diangkat sebagai Hakim Tambahan di Pengadilan Tinggi Karnataka pada 18 Februari 2008 dan menjadi Hakim tetap pada 17 Februari 2010.

Dia akan memiliki masa jabatan, pada pengangkatan sebagai hakim SC, hingga 29 Oktober 2027 dan dapat memiliki masa jabatan lebih dari satu bulan sebagai CJI wanita pertama setelah 23 September 2027.

Hakim wanita lainnya, yang pengangkatannya direkomendasikan ke Pusat, adalah Ketua Hakim Hima Kohli dari Pengadilan Tinggi Telangana dan kader orang tuanya adalah Pengadilan Tinggi Delhi.

Lahir pada 2 September 1959 di Delhi, Justice Kohli menyelesaikan LL.B-nya dari Campus Law Center di Universitas Delhi dan merupakan penasihat hukum dan Penasihat Hukum Dewan Kota New Delhi di Pengadilan Tinggi Delhi dari 1999-2004.

Ia diangkat sebagai Hakim Tambahan Pengadilan Tinggi Delhi pada 29 Mei 2006 dan diambil sumpahnya sebagai hakim tetap pada 29 Agustus 2007 dan kemudian menjadi Ketua Pengadilan Tinggi Telangana pada 7 Januari 2021.

Hakim Trivedi, lahir pada 10 Juni 1960, adalah hakim Pengadilan Tinggi Gujarat sejak 9 Februari 2016 dan termasuk dalam kategori layanan peradilan.

Selain Fathima Beevi, yang menjadi hakim agung pada 6 Oktober 1989, tujuh hakim perempuan lagi telah diangkat hingga saat ini.

Mereka adalah Hakim Sujata Vasant Manohar, Ruma Pal, Gyan Sudha Mishra, Ranjana Desai, R Bhanumathi, Indu Malhotra dan Indira Banerjee.

Hakim Banerjee akan berhenti dari jabatannya pada 23 September tahun depan.

Dengan pensiunnya Hakim R F Nariman pada 12 Agustus, kekuatan hakim di pengadilan tinggi turun menjadi 25 dibandingkan dengan kekuatan sanksi 34, termasuk CJI.

Berita di India 2021: Rekomendasi Tiga Hakim Wanita

Secara signifikan, tidak ada penunjukan yang dilakukan setelah pensiun CJI Ranjan Gogoi pada 17 November 2019.

Kollegium juga telah memilih advokat senior dan mantan Jaksa Agung Tambahan P S Narasimha untuk penunjukan langsung dari Bar.

Satu lowongan tambahan akan muncul pada hari Rabu ketika Hakim Navin Sinha pensiun.